Pelaksanaan Lanjutan Upacara Pawintenan Umat Hindu di Pura Amerta Bhuana (Bhuana Puja)



          Pada tanggal 10 September 2014, Rombongan Ida Pandhita Mpu Nabe Sandiyasa dari Bali kembali lagi ke Pura Amerta Bhuana (Bhuana Puja) untuk yang kedua kalinya. Kedatangan nabe yaitu dalam Rangka Tirta Yatra (yang sebelumnya Tirta Yatra ke Kab. Karanganyar dan Kab. Klaten) dan mengadakan upacara pawintenan Umat Hindu di Kec. Musuk, Kab Boyolali yang kedua kalinya.


Upacara Pawintenan dilakukan kembali karena masih banyak umat yang belum mengikuti pawintenan pada 12 Juni 2014 yang pada waktu itu bersamaan dengan upacara Melaspas Pura. Banyaknya jumlah umat yang mengikuti Pawintenan dan melebihi jumlah yang di persiapkan serta karena tugas kepanitiaan yang tidak bisa ditinggalkan maka umat Hindu yang tidak bisa mengikuti Upacara Pawintenan cukup banyak.

Pada Upacara Pawintenan kedua kali ini, umat yang mengikuti sebanyak 150 orang. Diantaranya yaitu mengikuti Pawintenan Pinandhita dan Pawintenan Saraswati. Sekitar 10 pasang yang mengikuti Pawintenan Pinandhita.
Akhir Upacara Pawintenan dilakukan tambahan 1 sesi acara yaitu Sesi Tanya Jawab. Sesi tanya jawab yang menjadi Narasumber yaitu Ida Pandhita Mpu Nabe Kertayasa dari Banyuwangi. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh umat kepada Ida Pandhita Mpu Nabe Kertayasa, seperti Pengertian Pawintenan, Larangan yang harus dihindari setelah mengikuti pawintenan, Pedoman Pelaksanaan Pinandhita, dsb.