Perayaan Dharmasanti Nyepi 1937 Saka Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali


Perayaan Dharmasanti Nyepi 1937 Saka tingkat Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali pada tahun 2015 ini dilaksanakan di Pura Bhuana Puja (Amerta Bhuana) Desa Karanganyar yang sebelumnya dilaksanakan di Desa Kembangsari. Acara Dharmasanti ini merupakan Agenda rutin tahunan KORPRI Hindu Kecamatan Musuk dan PHDI Kecamatan Musuk yang tiap tahunnya dilaksanakan secara bergilir yaitu desa Sangub, Kembangsari dan Karanganyar. Tema dari acara ini yaitu “Penyucian Diri dan Alam Semesta Menuju Peningkatan Kualitas Kerja”.
Pada perayaan Dharmasanti ini dihadirioleh Pinandhita, Ketua PHDI Kabupaten boyolali, MUSPIKA, dan umat sekecamatan Musuk serta kecamatan lain (Ampel, Mojosongo dll) dan ada juga dari kabupaten Klaten (Jatinom) serta MUSPIKA.
Acara dharmasanti Nyepi 1937 saka di desa karanganyar ini menampilkan kesenian 5 tari yang ditampilkan oleh anak-anak Pasraman Bhuana puja.Tarian tersebut yaitu Tari Gambyong, Tari Gembira, Tari Lilin, Tari Soyong dan Tari Kuda-kuda. Tujuan menampilkan tarian-tarian ini adalah untuk menujukkan apresiasi, mengembangkan bakat, serta perkembangan mental yang dimiliki anak-anak pasraman.