TRI MURTI



Trimurti adalah tiga kekuatan Brahman (Sang Hyang Widhi) (sebutan Tuhan dalam agama Hindu) dalam menciptakan, memelihara, melebur alam beserta isinya.

Fungsi Tri Murti adalah: Sebagai Pencipta, Pemelihara, dan Pelebur. Ketiga fungsi Tri Murti tersebut disebut Tri Kono, yang terdiri dari:
1.    Utpati             : Sang Hyang Widhi sebagai Pencipta (Kuasa atas kelahiran)
2.    Sriti                  : Sang Hyang Widhi sebagai Pemelihara (Kuasa atas Kehidupan)
3.    Pralina            : Sang Hyang Widhi sebagai Pelebur  atau Pemeralina

Tri Murti terdiri dari:
1.    Dewa Brahma
Dewa Brahma adalah perwujudan kekuatan Sang Hyang Widhi sebagai pencipta (Utpati) kuasa atas lahir, semua makhluk tercipta karena kuasa Sang Hyang Widhi dalam perwujudan-Nya sebagai Dewa Brahma.
2.     Dewa Wisnu
Dewa Wisnu adalah perwujudan kekuatan Sang Hyang Widhi sebagai pemelihara. Semua kehidupan di dunia terpelihara, tumbuh dan berkembang dengan baik, itu adalah karena kemahakuasaan Sang Hyang Widhi, kekuatan Sang Hyang Widhi dalam mengatur dan memelihara semua ciptaan-Nya diwujudkan sebagai Dewa Wisnu.
3.     Dewa Siwa
Kematian merupakan suatu hukum yang tidak terhindari. Setiap kehidupan akan berakhir dengan kematian. Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi dalam mengaur dunia dengan segala isinya, agar dunia tidak kepenuhan, maka ciptaan-Nya dilebur, dipralina kembali, perwujudan Sang Hyang Widhi dalam melebur kembali ciptaannya diwujudkan sebagai Dewa Siwa.