Kegiatan Muda-Mudi Bhuana Puja Upacara Acara Tawur Agung di Prambanan Nyepi 1936 Saka

Pada hari Minggu, 30 Maret 2014 Umat Hindu di daerah DIY-Jateng merayakan Tawur Agung Kesanga di Candi prambanan. Termasuk muda mudi bhuana puja tentunya, mereka sebelum mengikuti upacara Tawur Agung di Candi Prambanan sudah datang lebih awal untuk menjual kewangen kepada umat yang ingin bersembahyang pada upacara. kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan muda-mudi Pasraman. Selain bertujuan untuk menghimpun dana kegiatan pasraman, kegiatan berjualan kewangen ini juga bertujuan memupuk kerjasama/kekeluargaan  muda-mudi Hindu di desa Tagunggede-Wonodadi.






Sementara itu, sebanyak 11 orang pemudi pagi-pagi mereka sudah bangun untuk berangkat ke Prambanan guna mempersiapkan diri untuk tampil di acara pembukaan Tawur Agung Kesanga. Sebelas pemudi tersebut menapilkan sebuah tarian yaitu Tari Gambyong, bersama penari lainnya yang berjumlah 60 orang.






_______________________________________________________________________________
*) Tawur Agung Kesanga adalah sebuah upacara yang secara spiritual bertujuan menyucikan bumi beserta isinya dari segala kekotoran yang dilangsungkan pada Tilem Kesanga, yaitu pada Tilem bulan kesembilan kalender Bali/Wariga, sehari sebelum perayaan Nyepi.